Entri Populer

Senin, 09 Mei 2011

UGM Kalahkan UKSW Pada Lomba Debat Konstitusi Tingkat Regional IV 2011

Semarang, MKOnline – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-8 Mahkamah Konstitusi (MK), lembaga ini menyelenggarakan Lomba Debat Konstitusi Perguruan Tinggi Tingkat Regional IV. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil mengalahkan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga pada tahap final bertempat di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. 
Kegiatan tahunan kali ini lebih di perluas dari sebelumnya hingga tingkat regional yang terdiri dari atas: Regional I meliputi wilayah Sumatera dan sekitarnya; Regional II meliputi wilayah DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah; Regional III meliputi Jawa Barat dan Banten; Regional IV meliputi wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta; Regional V meliputi wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, NTT dan Kalimantan Selatan; dan Regional VI meliputi wilayah Sulawesi,  Kalimantan Selatan, Maluku, Maluku Utara dan Papua
Dari enam regional tersebut nantinya akan di ambil juara 1 dan juara 2 serta semifinalis 1 dan semifinalis 2 yang akan mewakili masing-masing regional untuk bertanding di tingkat nasional.
Regional IV adalah regional yang pertama kali menyelenggarakan lomba debat konstitusi tingkat regional pada 3 Mei s.d 5 Mei 2011 bertempat di FH Undip Semarang. Pada regional ini melibatkan 16 peserta dari Universitas Negeri dan Swasta di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Bertindak sebagai dewan juri adalah  Dr. M. Ali Safa'at, S.H.,M.H. (Dosen FH Unibraw), Prof. Yuliandri (Dekan Fakultas Hukum Unand), Prof. Dr. Saldi Isra (Guru Besar Hukum Tata Negara Unand), Winarno Yudho S.H., M.A. (Dosen FH UI), Prof. Dr. Guntur Hamzah (Dosen FH Unhas), Dr. Zen Zanibar (Dosen FH Unsri), Dr. Mirza Nasution (Dosen FH USU), Dr. Marwan Mas (Dosen FH Unhas), Dr. Iman Putrasidin (Pakar Hukum Tata Negara), Dr. Susi Dwi Haryanti (Dosen FH Unpad), Dr. Suharizal (Dosen FH Unand), Dr. Sukardi (Dosen FH Unair) dan Dr. Kurnia Warman (Dosen FH Unand).
Semifinal pertama mempertemukan antara tim Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan tema yang diperdebatkan adalah pro-kontra Koalisi Dalam Sistem Presidensiil. Sedangkan semifinal kedua mempertemukan antara Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW) dengan FH Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga) dengan memperdebatkan tema yang sama.
Setelah dewan juri menilai perlombaan ini, dua tim peserta lomba akhirnya yang berhak masuk final adalah FH UGM dengan FH UKSW yang memperdebatkan tema pro – kontra pemilihan gubernur DIY. Keluar sebagai pemenang adalah UGM, sehingga terdapat 4 perwakilan Universitas dari regional IV  yakni UGM, UKSW, UNDIP dan UIN Sunan Kalijaga. (Andhini SF/mh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar