Entri Populer

Rabu, 18 Mei 2011

KONTRAK KARYA MIGAS DIPERDEBATKAN


Lomba debat konstitusi resmi dimulai Selasa 18 Mei 2011 setelah dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akadamik, Prof. Dadang A. Suryamihardja atas nama Rektor. Tema yang diperdebatkan pada sesi I adalah Kontrak Karya Migas dengan mempertemuan Tim Unhas pada posisi pro dan Tim UIN Alauddin di posisi kontra (Ruang Vicon H.M. Laica Marzuki), Tim Unmul di posisi Pro dan Unhalu di posisi Kontra (di ruang Lab. Mood Court Harifin Tumpa), Tim Unkhair (Pro) berhadapan dengan UMI (Kontra) di ruang HU201, dan Tim Unpati (Pro) berhadapan dengan Tim Unipa (Kontra) di ruang HU202.
Pada sesi selanjutnya, mosi yang diperdebatka adalah Titik berat otonomi daerah di tingkat provinsi. Pada sesi ini berhadapan Tim Unasman (Kontra) dengan Tim Unsrat (Pro), Tim UNM (Kontra) dengan Tim Untad (Pro), Tim Univ 45 (Kontra) dengan Tim UNG (Pro). Pada sesi ketiga yang memperdebatkan mosi Presidential Threshold mempertemukan Tim Unhas (Pro) dengan Tim Unasman (Konta), Unmul (Pro) dengan UNM (Kontra), Tim Unkhair (Pro) dengan Tim Univ. Borneo (Kontra), dan Tim Unpati (Pro) dengan Tim Univ. 45 (Kontra). 
Perlombaan hari pertama diakhiri dengan memperdebatkan mosi Pemilihan Gubernur oleh DPRD, yang mepertemukan Tim UIN (Pro) dengan Tim Unsrat (Kontra), Tim Unhalu (Pro) dengan Tim Untad (Kontra),  dan Tim Unipa (Pro) dengan Tim UNG (Kontra).
Babak penyisihan masih menyisakan duamosi yang akan diperdebatkan pad hari Rabu, 19 Mei 2011, yaitu Hak Recall Partai Politik dan Pencabutan Hak Ulayat dalam Penetapan Kawasan Hutan Lindung. Untuk mosi Hak Recall Partai Politik akan diperdebatkan oleh Tim Unhas (Pro) dengan Tim Unsrat (Kontra), Tim Unmul (Pro) dengan Tim Untad (Kontra), dan Tim Unpati (Pro) dengan Tim UNG (Kontra). Sedangkan mosi Pencabutan Hak Ulayat dalam Penetapan Kawasan Hutan Lindung akan diperdebatkan oleh Tim UIN (Kontra) dengan Tim Unasman (Kontra), Tim Unhalu (Pro) dengan UNM (Kontra), Tim UMI (Pro) dengan Univ. Borno (Kontra), dan Tim Unipa (Pro) dengan Tim Uni. 45 (Kontra).
Setelah babak penyisihan yang mepdebatkan 6 mosi, akan dilanjutkan dengan babak semi final yang akan mempertemukan juara-juara grup. Dengan demikian pada babak penyisihan hanya ada 4 grup yang akan berlomba, dengan merdebatkan mosi Koalisi dalam sistem Presidensial. Babak semi final akan dilaksanakan pada Kamis siang, dan pada hari itu juga akan diketahui tim mana yang akan berhadapan di babak final yang akan digelar sebelum upacara penutupan.
Dalam perdebatan pada setiap sesi dipandu oleh moderator yang telah ditetapkan oleh panitia. Mereka adalah dosen fakultas hukum unhas, yakni Zulkifli Aspan, SH, MH.; Dr. Oky Deviani, SH.,MH.; Sakka Pati, SH., MH.; Birkah Latif, SH., MH, dan Syamsuddin Muchtar, SH., MH.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar